Evaluasi Pertama Materi dan Pembelajaran IPS (PDGK4405) - DATAZKU

Sabtu, 09 Mei 2020

Evaluasi Pertama Materi dan Pembelajaran IPS (PDGK4405)

EVALUASI I (PERTAMA)
Materi dan Pembelajaran IPS / PDGK4405

  1. Pertanyaan:
    Kapan pertama kali munculnya istilah IPS?

    Jawaban:
    Istilah IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) pertama kali muncul dalam seminar nasional tentang Civic Education 1972 di Tawamangu Solo. Menurut laporan seminar tersebut, (Panitia Seminar Nasional Civic Education, 1972:2, dalam Winataputra, 1978:42) ada tiga istilah yang muncul dan digunakan secara bertukar pakai (Interchangeable), yakni Pengetahuan Sosial, Studi Sosial, dan Ilmu Pengetahuan Sosial yang diartikan sebagai suatu studi masalah-masalah sosial yang dipilih dan dikembangkan dengan menggunakan pendekatan Interdisipliner dan bertujuan agar masalah-masalah sosial tersebut dapat dipahami siswa.

  2. Pertanyaan:
    Mengapa kurikulum PPSP dianggap sebagai pilar dalam perkembangan pemikiran pendidikan IPS?

    Jawaban:
    Kurikulum PPSP dianggap sebagai pilar dalam perkembangan pemikiran tentang pendidikan IPS, yakni masuknya kesepakatan akademis tentang pendidikan IPS ke dalam kurikulum sekolah. Pada tahap ini konsep pendidikan IPS diwujudkan dalam tiga bentuk, yaitu:
    a). Pendidikan IPS terintegrasi dengan nama pendidikan kewarganegaraan studi sosial.
    b). Pendidikan IPS terpisah, dimana isitilah IPS hanya digunakan sebagai konsep payung untuk mata pelajaran geografi, sejarah, dan ekonomi.
    c). Pendidikan kewarganegaraan sebagai suatu bentuk pendidikan IPS khusus dalam konsep tradisi studi sosial termasuk tradisi citizenship transmission.
    d). Konsep pendidikan IPS memberikan inspirasi terhadap kurikulum tahun 1975 yang diadopsi dari hasil inovasi yang dicobakan melalui kurikulum PPSP.

Sumber: Modul PDGK4405 Materi dan Pembelajaran IPS

Kolom Komentar